BPS ( Badan Pengelola Sarana ) Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat

16/04/2011 00:33

Berbicara masalah air memang sangat pelik. Mengelola air tidak semudah yang dibicarakan orang diatas meja. Banyak persoalan-persoalan di lapangan yang berkaitan dengana masalah pengelolaan air., baik air digunakan untuk kebutuhan MCK maupun untuk kebutuhan minum warga masyarakat.

PAMSIMAS yang notabene program bantuan pusat kepada Desa yang diperuntukkan untuk membuat PAM Desa juga tak luput dari adanya persoalan. Awalnya program ini berjalan lancar-lancar saja, tidak ada komplain dari pelanggan PAM Desa. Tetapi sejalan dengan pergantian waktu, warga masyarakat abanyak yang mengajukan sambungan PAM Desa sehingga over load. Dampaknya pengelolaannya semakin rumit dan memusingkan kepala para pengelola PAMSIMAS ( baca : pengurus BPS ). Masalah yang muncul sekarang ini dan ini merupakan tantanagan yang harus dipecahkan oleh penegurus BPS bersama anggota-anggota adalah kendala suplay air yang kurang besar padahal pelanggannya bertambah, jaringan rumah banyak yang sudah kurang optimal ( kalau tidak amau dibilang rusak), dan lain sebagainya.

Untuk memecahkan masalah-masalah ini, kemaren siang tepatnya hari Jum'at tanggal 15 April 2011 jam 14.00 WIB diadakan rapat anggota untuk Revitalisasi PAMSIMAS dan pemilihan Pengurus BPS " Zam-zam ". Dan alhamdulillah dapat terbentuk dengan lancar.

Mudah-mudahan dengan pengurus BPS yang baru bisa membawa semangat baru dan membenahi masalah-masalah PAM Desa ini dengan baik sesuai dengan harapan warga masyarakat Mutih Kulon.

Back