GENDERANG DEMOKRASI MINI TINGKAT DESA MULAI BERGEMA LAGI

02/09/2011 00:19

Dengan diundangkannya Peraturan Daerah Kabupaten Demak Nomor 3 Tahun 2011 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa pada tanggal 5 Mei 2011 maka ini merupakan awal dikumandangkannya genderang Demokrasi Mini di tingkat Desa.

Disebut Demokrasi mini karena sekarang ini perekrutan perangkat Desa sudah tidak lagi dengan model pemilihan tetapi sudah diubah dengan model pengangkatan. Dengan model ini proses pengisian perangkat Desa tidak lagi rumit dengan berbagai proses penggalangan massa dan/atau mencari dukungan sebanyak-banyaknya dari Ketua RT/RW atau tokoh masyarakat yang menyita waktu dan finalsial lainnya. Pengisian perangkat Desa dengan model pengangkatan ini dilakukan melalui tahapan penelitian persyaratan administrasi dan pelaksanaan ujian penyaringan dan/atau ujian khusus.

Calon yang berhak diangkat menjadi perangkat Desa adalah calon yang memperoleh nilai tertinggi dari akumulasi ujian penyaringan yang meliputi tes wawancara, tes psikologi dan tes tertulis. Ujian penyaringan ini dilakukan oleh Panitia Pengangkatan untuk mengetahui kemampuan calon Perangkat Desa sehingga Perangkat Desa terpilih benar-benar merupakan putra terbaik dari sekian banyak calon lainnya.

Selamat mengikuti pesta Demokrasi mini di tingkat Desa di penghujung tahun 2011. Semoga di Desa-desa yang menyelengarakan proses pengisian perangkat Desa kosong benar-benar terpilih perangkat Desa yang professional dan berakhlakul karimah. Amin.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang Persyaratan Pengangkatan Perangkat Desa 2011 maka silahkan unduh file sekarang dengan cara klik link ini : www.4shared.com/file/YhOVQ46-/PENDAFTARAN_DAN_UJIAN_PENYARIN.html

Back